Bukti adalah Saksi Sejati

    Author: MMM SEBI Genre: »
    Rating

     
    Keterlibatan diri, peran serta partisipasi merupakan bentuk pekerjaan yang memberikan nilai tambah tersendiri bagi individu yang melakukannya. Belum lagi dengan dibentuknya suatu ikrar kebersamaan dalam wadah stuktur organisasi atau juga kepanitiaan, pasti akan semakin bertambah nilai yang diperoleh oleh individu yang bersangkutan. Namun bagaimana dengan mereka yang berkeinginan kuat untuk berkontribusi sedang tidak tergabung dalam suatu ikatan organisassi atau kepanitiaan? Sudah dapat dipastikan gejolak dalam jiwanya begitu dahsyat memberontak untuk turun ikut bekerja atau melakukan hal yang sama seperti yang lainnya yang sudah tergabung.
    Hendak melakukan yang sama, sebagaimana mereka yang sudah tergabung sejak awal pembentukan adalah yang memenuhi benak pikirannya. Memaksakan dan berupaya sedapat mungkin dirinya memaksakan melakukan hal yang sama. Memanfaatkan setiap waktu dan kesempatan untuk mengisi setiap kekosongan dan kekurangan anggota adalah satu diantara cara untuk membuktikan bahwa dirinya mampu melakukan hal yang sama dengan yang lainnya. Dengan lain kata, sedetail dan secermat mungkin dirinya mampu membaca dan menganalisa keadaan dimana waktu yang tepat untuk melakukannya, yaitu saat suatu pekerjaan yang ditangani namun masih belum maksimal sehingga berupaya untuk memaksimalkannya dengan bergabung dan masuk didalamnya.
    Dengan begitu dirinya memperoleh kebutuhan gejolak dalam jiwanya, hendak bergabung dan melakukan hal yang sama terwujud secara perlahan dan semakin nyata bahwa dirinya seolah-olah bergabung dan memiliki peran dan posisi yang sama bahkan bukan lagi seolah-olah namun kenyataannya memang memiliki posisi dan peran yang sama. Bebas untuk melakukannya tanpa rasa minder yang sering muncul sebelumnya dan begitu paham betul apa yang harus dilakukannya. Hal tersebut disebabkan karena posisi dan perannya muncul pada saat dan waktu serta kondisi yang tepat lagi sedang dibutuh-butuhkannya tenaga bantuan tambahan. Tanpa mengurangi kinerja, tanpa memiliki ikatan sebelumnya dalam organisasi atau kepanitiaan.
    Selayaknya mereka yang telah bergabung dari awal, dapat melakukan yang sama. Bermodalkan kenyataan yang nampak jelas bahwa bisa melakukan hal yang sama sehingga mampu bergabung secara fair tanpa melakukan sesuatu hal yang bersifat kurang baik atau melanggar, seperti menyingkirkan anggota lain yang telah lama bergabung, suap atau dan yang lain sebaginya. Semuanya murni dengan ulluran tangan kontribusi pada ketepatan dan kebutuhan posisi dan kondisi. Ketulusan hati untuk melakukannya, dorongan yang kuat dalam merealisasikan niat dalam hati serta kesempatan yang dapat terbaca dengan baik menjadi alat bantu sebagai jembatan yang menopang sekaligus menghubungkan satu niatan dengan pemenuhuan akan kebutuhan yang terkini dan saat itu juga diperlukannya.
     Sehingga nampak jelas bagi semua mata yang menyaksikan, status keanggotaan atau tergabungnya dalam suatu ikatan adalah tidak menjadi modal utama dalam berkontribusi dan melakukan hal yang dapat membantu. Jauh daripada semua itu, ketulusan niat, kemurnian hati serta kebenaran bukti akan menjadi saksi tunggal bahwa asalkan mampu dan mau maka disanalah segala bentuk dan upaya dalam perwujudannya akan sangat mudah.

    by. Edi Haryadi

    Leave a Reply

    Jam

    Category

    Kalender Hijriah


    Jumlah Pengunjung