Kontribusi Hari ini untuk Masyarakat dan Bangsa 5 tahun yang akan datang

    Author: MMM SEBI Genre: »
    Rating



    Sudah tidak asing lagi pada telinga kita semua ketika mendengar kata “Masyarakat” atau juga mendengar kata “ Bangsa”, ringan juga saat melisankannya kepada orang lain di sekitar Kita. Ya, semua itu dikarenakan kita sendiri merupakan satu bagian daripada keduanya, Masyarakat dan juga Bangsa itu sendiri. Kemudian, menarik rasanya untuk membahas terlebih dahulu apa itu yang dinamakan bagian serta kenapa ada yang namanya bagian? Kita ambil rumah sebagai perumpamaannya. Rumah yang terdiri daripada lantai, dinding, atap dan sebagainya bersatu dalam satu kesatuan membentuk sebuah rumah. Lantai sebagai pijakan, dinding sebagai penopang, atap sebagai pelindung dari hujan dan teriknya sinar matahari dan sebagainya. Sehingga dapat disimpulkan setiap bagiannya memiliki fungsi dan perannya asing-masing. Betul atau benar?
    Setelah dipahami dan dimengerti apa itu bagian sekaligus peran dan juga fungsinya, maka kita kembali peryataan pada awal paragraph bahwasanya kita semua, termasuk saya merupakan bagian daripada Masyarakat dan Bangsa itu sendiri. Sudahkah kita selaku bagian dari Masyarakat dan Bangsa menjalankan peran dan juga fungsi sebagai bagian dengan baik? Ataukah masih belum mengerti dan paham apa yang semestinya dilakukan sebagai bagian dari Masyarakat dan Bangsa?
    Saya, Edi Haryadi, Mahasiswa Semester VI di STEI SEBI, dengan bermaksud memicu semangat berkontribusi lebih baik 5 tahun yang akan datang kepada Masyarakat dan Bangsa. Perlu diketahui sebelumnya, Saya datang dari daerah pedalaman yang jauh daripada keramaian dan hiruk pikuk kota. Kuliah, Saya sangat bersyukur kepada Allah swt bisa sampai semester ini. Atas doa dari kedua orang tua disertai orang-orang yang arif lagi hanif hadir mengiringi langkah Saya
    Latar belakang daerah saya, menjadi obyek di tahun yang pertama nanti. Di sana, penanaman pola piker dalam menyikapi persoalan pendidikan. Pemahaman akan pentingnya pendidikan masih relative rendah. Kecenderungannya ke arah kerja atau menjadi seorang karyawan. Tidak sedikit anak-anak yang masih dalam usia belajar sudah menjadi pekerja. Di mulai dengan memberikan pemahaman betapa pentingnya pendidikan dan harapannya Masyarakat sangat antusias dalam mengutamakan pendidikan.
    Kemudian, setelah itu semua terwujud maka di tahun yang keduanya saya mengarah kepada ranah religious Masyarakat. Dengan mengadakan pengajian-pengajian untuk kalangan pemuda sampai orang tua. Kontribusi yang relatif kecil namun saya pastikan berdampak besar. Pada tahun yang ketiga, memasuki jenjang orang-orang penting di Masyarakat. Mengambil peran sebagai ketua RT misalnya atau kepala Desa. Dengan demikian ranah kontribusi lebih nyata dan cakupannya tidak dalam lingkup yang kecil. Bersama Masyarakat membangun peradaban daerah semisal peradaban di zaman Rasulullah saw. Aamiin, Allah swt semoga Ridha.
    Pada tahun keempat dan kelima, akan bertambah lagi cakupannya. Dengan menjadi walikota misalnya atau juga menjabat sebgai gubernur. Jika sudah begitu lebih jelas lagi nyata akan kontribusi kepada Mayarakat dan juga Bangsa. Bukan hanya saja dalam segi pendidikan, religious saja, akan tetapi dapat menambah peran dalam bidang politik dan seterusnya. Melakukan dengan baik dan benar apa yang tengah dijalani untuk esok, lima tahun yang akan datang dapat berkontribusi dengan baik juga.

    By. Edi Haryadi

    Leave a Reply

    Jam

    Category

    Kalender Hijriah


    Jumlah Pengunjung