Rahasia Kebiasaan-kebiasaan Mahasiswa Sukses

    Author: MMM SEBI Genre: »
    Rating

     Pengalaman sukses kuliah tiap orang tentu saja berbeda. Cara yang efektif untuk seseorang, bisa jadi tidak efektif bagi orang lain. Tetapi dengan mengikuti beberapa prinsip dasar, kamu bisa juga meraih kesuksesan yang sama.

    Perlu diingat, kesuksesan di kampus tidaklah hanya bergantung pada selusin tips. Seorang mahasiswa harus mengupayakan berbagai cara untuk meraih kesuksesan akademik dan non-akademik di kampus.

    1. Memiliki Tujuan jangka pendek dan jangka panjang
    Menetapkan tujuan dan memenuhinya benar-benar menjadi momentum kesuksesan. Memiliki tujuan akan memberi kita arah dalam kehidupan kuliah. Sebuah tujuan juga akan mendorong kita terus maju ketika kita ragu tentang apa yang akan kita alami.

    2. Mengikuti jadwal belajar
    Kuliah adalah tentang menguasai seni multitasking. Untuk melakukan berbagai pekerjaan dalam satu waktu, kita perlu membuat jadwal kegiatan dan rencana belajar. Demikian dilansir Campus Grotto, Senin (23/9/2013).

    3. Memanfaatkan dosen
    Mahasiswa yang sukses tahu betul bagaimana cara mendulang ilmu sebanyak mungkin dari para dosen. Mereka mendatangi dosen pada saat jam kerja dan berdiskusi tentang materi kuliah. Dengan melakukan hal ini, mahasiswa akan mendapat nilai lebih baik dalam ujian, lebih puas dengan kuliah, dan merasa lebih terhubung dengan kampus dan para dosen.

    4. Menggunakan teknik belajar dan mencatat
    Menguasai teknik belajar dan mencatat yang tepat memungkinkan kita untuk belajar lebih baik dan efisien.

    5. Aktif di kegiatan ekstrakurikuler
    Siapa bilang sukses di kampus berarti melulu menghadapi setumpuk buku? Mahasiswa yang sukses juga aktif dalam berbagai kegiatan luar ruangan seperti di unit kegiatan mahasiswa (UKM). Aktivitas ini justru meningkatkan kepuasan seseorang tentang pengalaman kuliah mereka.

    6. Memanfaatkan sumber daya kampus
    Mahasiswa sukses enggak malas memanfaatkan perpustakaan dan pusat karier di kampus.

    7. Menyeimbangkan kuliah
    Triknya adalah memilih mata kuliah yang bervariasi baik dari beban SKS maupun tingkat kesulitannya.

    8. Rajin kuliah dan aktif di kelas
    Seperti halnya sekolah, mahasiswa yang sukses duduk di depan dan aktif dalam diskusi di kelas. Mereka bertanya dan memberikan pendapat.

    9. Memanfaatkan peralatan belajar.
    Kita bisa memanfaatkan peralatan yang kita punya atau teman sekosan untuk menyelesaikan tugas. Disamping itu fasilitas kampus yang seadanya sebenarnya tak menghalangi mahasiswa kampus tersebut untuk lebih baik dari mahasiswa kampus elit. Kita lah yang harus produktif memanfaatkan tools.

    10. Siap menghadapi ujian
    Karena ujian memberi persentase terbesar dalam nilai akhir, maka mahasiswa sukses tahu betul bagaimana belajar dan mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian.

    11. Membuat kelompok belajar
    Biasanya, seseorang akan belajar lebih banyak ketika dia belajar bersama di sebuah kelompok kecil ketimbang belajar sendiri. Seseorang akan belajar lebih baik dengan mengajari orang lain karena materi yang kita ajarkan menjadi lebih kuat menancap di memori. Sebaliknya, kita juga bisa meminta saran dari teman tentang hal yang belum kita kuasai.

    12. Tidur cukup
    Kuliah membutuhkan tubuh yang sehat. Mahasiswa butuh istirahat yang cukup serta sehat secara fisik dan psikis. Lama tidur yang dijalani seseorang berdampak besar pada performa akademiknya. Mendapatkan otak yang encer dimulai dengan tidur yang cukup.


    Selain itu ada beberapa langkah menjadi mahasiswa sukses secara utuh, mahasiswa ini tidak hanya sukses dalam IPK, namun bisa sukses disegala aspek aktivitas kampus. Biasanya orang seperti ini akan menjadi sukses didunia kerja dan masyarakat dengan mudahnya.

    1. Hindari ngerumpi
    Ngerumpi adalah aktivitas yang asyik tetapi membawa mala petaka. Sangat sulit menghindari aktivitas ngerumpi di kampus, sebab hampir setiap mahasiswa suka melakukannya sambil menunggu dosen masuk ngajar. Saya telah mengamati aktivitas mahasiswa, sebagian besar mahasiswa sangat senang sekali bercerita tentang hal - hal yang tidak penting dengan teman - temannya. Sehingga saat masuk kuliah hanya bengong karena kepala menjadi kosong. Jadi saat dikampus dan kamu memiliki waktu luang bersama teman teman kamu, cobalah untuk berdiskusi atau melakukan aktivitas yang berguna bagi otak kamu.

    2. Dekati perpustakaan
    Perpustakaan adalah gudang ilmu, tetapi faktanya di kampus, perpustakaan adalah tempat yang paling sepi dikunjungi, sebab budaya membaca masih kurang diminati mahasiswa, mungkin karena bukunya tebal - tebal kali ya. Dekati perpustakaan dan ambil semua ilmu di dalamnya, niscaya kamu akan menjadi orang yang berilmu yang dibutuhkan saat ini, bukan menjadi sarjana yang berotak kosong.

    3. Aktif berorganisasi
    Dengan aktif berorganisasi, maka kamu akan mendapatkan banyak teman sekaligus dapat banyak ilmu. Dari sini kepribadian kamu akan di tempa melalui karakter orang yang berbeda yang kamu temui. Perlu kamu ketahui bahwa ikutilah organisasi yang sesuai dengan bakat dan minat kamu, sehingga kamu bisa berprestasi.

    4. Belajar berwirausaha
    Belajar berwirausaha sejak mahasiswa itu baik, dan membuka jalan menjadi seorang enterpreneur. Kamu juga bisa mendapatkan tambahan uang saku sendiri. Apalagi jika kamu telah aktif dalam sebuah organisasi, tentunya kamu menjadi dapat banyak jaringan untuk mengembangkan usaha kamu.

    Semua langkah tersebut tentunya dibarengi dengan ibadah yang komplit. Kerjakanlah ibadah sunnah seperti berdakwah, tadarus, dhuha, qiyamul lail, infaq, dan sebagainya. Mudah-mudahan doa kita di ijabah Allah. Dan kita bisa jadi mahasiswa yang sukses didunia dan diakhirat.

    Sumber : Sekolah kampus dan okezone
    Red : Prince

    One Response so far.

    1. Anonim says:

      Thanks for your marvelous posting! I genuinely enjoyed reading it, you may be a great author.
      I will be sure to bookmark your blog and will eventually come back sometime soon. I want to encourage that you continue
      your great job, have a nice morning!

      My webpage :: onlinecasinos.us.org

    Leave a Reply

    Jam

    Category

    Kalender Hijriah


    Jumlah Pengunjung